Rabu, 27 Mei 2015

Rahasia Hidup Bahagia

Kebanyakan orang berpikir bahwa kunci untuk bahagia adalah memiliki uang banyak, jabatan tinggi ataupun kekayaan yang berlebih. Banyak ditemukan orang yang berharta banyak, namun tidak menemukan kebahagiaan hidup.

Jabatan tinggi juga tidak menjamin kehidupan seseorang akan hidup dengan bahagia. Harta, tahta ataupun jabatan tinggi bukanlah kunci dari rahasia hidup bahagia.

Kebahagiaan yang sejati adalah kebahagiaan yang seimbag antara dunia akhirat yang selalu dibarengi dengan rasa syukur.

Berikut adalah rahasia-rahasia untuk hidup dengan bahagia:

• Menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya

Perintah Allah merupakan sesuatu yang bernilai pahala. Pahala ialah segala sesuatu yang mampu membuat hati seseorang menjadi tenang, damai dan bahagia. Oleh karena itu, orang yang selalu melakukan perintah Allah maka ia akan mengumpulkan banyak pahala. Dan pahala tersebut akan berbuah ketenangan dalam diri yang bersangkutan.

• Tidak Memberi Senyum Palsu

Meskipun di saat Anda tidak merasakan begitu gembira, cobalah untuk menanamkan pikiran bahagia, lalu tersenyumlah. Dengan tersenyum saat memikirkan hal yang menyenangkan bisa meningkatkan tingkat kebahagian Anda dan membuat Anda lebih produktif. Penting untuk melakukan senyuman asli. Karena penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa memberikan senyuman palsu sementara sedang dalam emosi negatif sebenarnya bisa lebih memperburuk mood Anda.

• Memperbanyak rasa syukur dalam hidup

Syukur akan membuat kita tenang dalam menjalani hidup, tidak iri dan dengki serta akan lebih banyak mengingat segala nikmat yang telah diberikan Allah pada kita. Syukur bukan hanya menjadi rahasia hidup bahagia, namun juga akan mengantarkan memperoleh nikmat yang lebih banyak lagi dari Allah SWT. Sebab Allah SWT menjanjikan, barang siapa yang bersyukur dengan nikmat-Nya, maka akan ditambahkan lagi padanya nikmat yang banyak.

• Menanamkan Kegembiraan

Menurut seorang ahli psikologi, kegembiraan, bukan kebahagiaan, adalah lawan dari depresi. Orang yang bahagia tahu bagaimana cara untuk bangkit kembali dari kegagalan. Kegembiraan seperti lapisan untuk kesulitan yang takterelakan yang pasti akan dialami manusia.

• Selalu Bahagia

Cobalah untuk selalu bahagia. Maka Anda dapat meningkatkan kesejahteraan emosi Anda. Orang yang secara aktif berusaha untuk lebih bahagia dalam laporan penelitian tersebut memiliki tingkat mood positif paling tinggi dengan berpikir bahwa dirinya bahagia.

• Berbagi

Meskipun hanya ada 24 jam dalam sehari, orang yang positif akan mengisi waktu tersebut dengan berbuat baik kepada orang lain, yang mana sebagai imbalannya, hal baik tersebut akan berbuah kebaikan yang lebih untuk dirinya. Orang yang bekerja sebagai relawan akan lebih bahagia dan mengalami kesehatan fisik yang lebih baik dan depresi menurun.

• Berbagi dengan yang lain

Orang yang bahagia akan berbagi dengan orang lain, baik dalam bentuk uang ataupun makanan. Karena disadari atau tidak, berbagi dengan orang lain dan melihat orang lain senang atau bahagia atas bantuan kita bisa membuat diri ikut merasa bahagia. Sebuah penelitian menemmukan bahwa dengan menyumbangkan uang kepada orang lain telah memberikan dampak langsung pada kebahagian dibandingkan dengan menghabiskan uang sendirian.

• Mendengarkan Orang Lain

Ketika Anda mendengarkan orang lain berbicara Anda membuka kemampuan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan dibandingkan dengan hanya menutupi dunia dengan kata-kata dan pikiran Anda yang negatif dan mengganggu Anda. Anda juga dapat menunjukkan kepercayaan diri dan menghargai orang lain. Pengetahuan dan rasa percaya diri adalah bukti bahwa Anda aman dan positif engan diri sendiri sehingga bisa memancarkan energi positif.

• Ungkapkan kebahagiaan

Biasakan berbicara dengan kata-kata yang membangkitkan rasa gembira dan sikap positif. Kata-kata bisa mempengaruhi emosi dan sikap Anda, sehingga situasi ini bisa memacu semangat Anda.

• Memelihara hubungan

Ilmuwan menemukan, melihat orang yang dekat dengan kita merasa bahagia akan membawa perubahan besar pada diri seseorang. Jadi dedikasikan waktu untuk pasangan, teman dan anggota keluarga dua kali sehari.

• Menjunjung Tinggi Hubungan Baik

Memiliki hubungan baik dengan orang banyak akan memberikan banyak keuntungan dalam hidup. Menjaga hubungan baik bisa dilakukan dengan komunikasi tidak harus saling berkunjung.

• Ubah Situasi
Hidup itu penuh pilihan, jika Anda merasa mentok menghadapi suatu masalah, jangan langsung memvisualisasikan ‘jalan buntu’ di depan Anda. Segera ubah situasi. Cari cara untuk dapatkan solusinya. Misalnya, jika beban kerja Anda rasakan sudah melewati batas, cobalah mencari kemungkinan untuk mendelegasikan sebagian pekerjaan Anda kepada orang lain

• Biarkan Diri Lupa Waktu

Bila Anda tenggelam dalam melakukan suatu kegiatan yang secara bersamaan terasa menantang, menyegarkan dan bermakna, itu artinya Anda sedang menjalankan hal menyenangkan yang disebut mengalir. Jika Anda mengalami hal seperti itu di mana Anda tenggalam dalam satu kegiatan, yang berhubungan dengan perkerjaan, dan membiarkannya mengalir atau berjalan sampai lupa waktu, maka berbahagialah. Karena kegiatan yang membuat Anda lupa waktu ini bisa membawa Anda ke kesuksesan.

• Kelilingi Diri Anda Dengan Orang-orang Bahagia

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata rasa senang bisa menular. Penelitian Framingham Heart Study yang menyelidiki penyebaran kebahagian lebih dari 20 tahun menemukan bahwa mereka yang dikelilingi oleh orang-orang bahagia akan lebih mungkin untuk menjadi bahagia di masa depan.

• Menjaga tubuh
Berolahraga dan bergerak aktif, sedikitnya 30 menit sehari serta makan sehat tiga kali sehari akan menjamin tubuh yang lebih fit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar